Jatuh, Lalu Bangkit Lagi

Panggil saja namanya Bay. Laki-laki berusia sepertiga abad itu menjawab pesanan saya dalam aplikasi ojek daring.

Saya memilih mobil untuk mengantar saya dari kos ke Stasiun Malang. Tanggapannya cukup cepat. Padahal selepas petang adalah waktu-waktu padat dan sibuk di kota Malang. Dan kadang posisi sopir sangat jauh dari tempat saya tinggal.

Persis setelah saya salat Magrib, Bay menelepon saya. “Mas, saya sudah di ruko kosong sebelah kos.”

Saya bergegas menuju tempat Bay menunggu. Saya memintanya membuka bagasi mobil 1.200 cc itu. Menaruh dua tas ransel, masing-masing berkapasitas 65 dan 30 liter yang terisi penuh.

* * *

“Malang mana, mas?” tanya saya, setelah menebak dialeknya yang khas. “Dinoyo, mas. Belakang kampus Unisma.” Kampus swasta yang di belakangnya ada perkampungan yang padat dengan gang-gang sempit.

Selain menjadi sopir secara daring, dia juga biasa menerima pesanan luring. Tamu-tamu yang dia antar, entah untuk urusan antar-jemput sekolah, kerja, hingga wisata, rata-rata pernah menggunakan jasanya lewat aplikasi sebelumnya.

Mengisi waktu dalam perjalanan menuju stasiun, saya mengajaknya ngobrol. Mulanya memancing topik tentang kasus korupsi berjamaah para anggota DPRD Kota Malang. Menyusul sang ketua dewan, kepala Dinas Pekerjaan Umum Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB) Kota Malang tahun 2015, hingga wali kota petahana yang sudah mendekam di balik jeruji besi.

Sementara saya tertawa geli sendiri mendengar kasus tersebut, raut Bay justru terlihat biasa saja. Senyumnya tersungging, “Sebenarnya kayak gitu, apa ya, sudah biasa mas. Aku wis gak kaget.”

Menurutnya, tidak seluruh anggota dewan punya niatan seperti itu. Tapi mungkin paksaan atau tekanan dari partai yang membuat mereka terjebak. “Partai itu dalangnya, mereka cuma wayang.”

Saya cukup terkejut dengan responnya yang cukup bijak memandang persoalan tersebut. Tidak serta-merta menyumpah serapah atas perilaku anggota dewan dan pejabat pemerintahan.

Belum sempat saya bertanya lebih jauh tentang alasannya berpendapat seperti itu, tiba-tiba dia bercerita dengan sendirinya. “Aku dulu pakai narkoba, Mas,” katanya blak-blakan. Terang. Bak kayu bakar disulut api, ceritanya mengalir deras. Menyibak masa lalunya.

* * *

Bay pernah merantau dan bekerja sebagai petugas kebersihan di salah satu mal di Yogyakarta. Dua tahun, selama periode 2013-2014. Di pengujung tahun kedua pekerjaannya, dia memutuskan untuk keluar. “Ada perubahan kebijakan dari manajemen mal soal pengelolaan sampah dan limbah mal. Jadi, tenaga-tenaga seperti kami tidak dipakai lagi,” katanya.

Tatapannya tetap fokus ke depan. Memperhatikan lalu lintas yang cukup padat di sekitar daerah Pasar Tawangmangu. Sekitar 3 km sebelum stasiun.

Dia pulang ke kampung halaman. Membawa sedikit uang pesangon dan rasa frustrasi. Ia tak langsung kembali ke rumah orangtuanya di Dinoyo.

Setibanya di Malang, Bay memilih menemui teman-teman sepermainan semasa sekolah. Tanpa bermaksud menghakimi, dia menyebut teman-temannya sebagai kelompok orang yang lama bergelut di dunia hitam. Bukan lingkungan pergaulan yang baik.

“Aku kenal obat-obatan dari mereka, Mas,” katanya. Meskipun begitu, dia berkelakar. “Tapi kami gak berani perkosa orang, masih tabu di kalangan preman Malang.” Saya tertawa.

Di suatu waktu, aktivitas Bay dan teman-temannya tepergok polisi. Mereka digelandang dan diadili. Suasana penjara yang pengap dia rasakan. Hukumannya tidak terlalu berat, sebenarnya. Karena dia pemakai, bukan pengedar.

Setidaknya setelah dikurung hampir setahun, dia dan teman-temannya dinyatakan bebas bersyarat.

Perjalanan hidup selanjutnyalah yang sempat dia rasakan berat. Saat kembali ke kampung.

* * *

“Aku langsung sungkem ke orangtua. Lalu sowan ke Pak RT,” ujarnya. Saat bertemu dengan Pak RT, dia mendapati kenyataan yang cukup pahit awalnya.

Bay masih ingat, Pak RT bicara atas nama warga kampung, ‘Maaf, mas, sepertinya sampean belum diizinkan tinggal di sini untuk sementara.’

“Warga pada takut sama orang-orang bekas tahanan penjara kayak aku, Mas,” kata Bay. Bahkan bagi sebagian warga, bekas narapidana seperti Bay dianggap bajingan. “Tapi aku nerimo ae, Mas. Bajingan yo wis,” cetusnya. Baginya, yang penting dia sudah berhenti dan berubah jadi lebih baik. Tanpa perlu berkoar-koar kencang, membuat pengumuman pertobatan.

“Aku gak terlalu peduli orang-orang ngomong apa. Nanti waktu yang membuktikan, ada saatnya gantian aku yang tertawa.” Bay seolah berkata kepada kita, jangan mudah menghakimi seseorang atas perilakunya.

“Hidup itu untuk berproses, Mas. Setiap orang punya jalannya sendiri. Kayak roda: kadang di atas, kadang di bawah,” jelasnya kalem.

Saya terdiam. Tercekat. Saya jadi teringat penggalan lirik lagu Banda Neira, Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti:

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh jatuh ‘kan berdiri lagi
Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Akhirnya kami tiba di stasiun. Saya turun dan mengambil kedua tas di bagasi. Kami berjabat tangan erat. “Hati-hati ke Jogjanya, yo Mas!”

Udara kota Malang yang dingin malam itu terasa hangat bagi saya. Terpapar pelajaran hidup yang suam dari pribadi Bay yang kini bestari. (*)

29 tanggapan untuk “Jatuh, Lalu Bangkit Lagi”

  1. Nah itu kak, dalam lingkup politik terkadang yang baik ikut keseret. hehehe
    Salam kenal mas, suka baca tulisan kakak dengan sisi human interest.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya hehe, begitulah politik.

      Salam kenal, kak. Terima kasih 🙂

      Suka

  2. Dalam banget. Kadang bisa mendapat pelajaran berharga dari suatu hal yang sederhana. 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Betul, belajar dari mana saja, asal mau memperluas sudut pandang 🙂

      Disukai oleh 1 orang

  3. aku baru maen2 ke blogmu mas rif.. aah keren tulisan ini.. banyak cerita setiap perjalanan

    Disukai oleh 1 orang

    1. Terima kasih, Mas, nanti kumampir balik ya 🙂

      Suka

  4. membaca cerita penerimaan pertama Pak RT sepulang Bay dr penjara, aku lebih teringat lagu Ebiet G Ade ‘Kalian Dengarkah Keluhanku’
    terutama yg bagian
    “kembali dari keterasingan ke bumi beradab, ternyata lebih menyakitkan dari derita panjang”
    lirik keseluruhannya memang tentang orang yg pernah berbuat salah dan kembali ke ‘peradaban’

    Disukai oleh 1 orang

    1. Wah baru dengar, nanti kucoba dengar lagunya. Makasih mbak.

      Suka

      1. nanti saya perdengarkan berulang2 😎

        Disukai oleh 1 orang

  5. kalau aku dijogja malah banyak kenalan yang seperti itu, beberapa malah jadi akrab. mereka sekarang jadi tukang parkir dipasar ngasem dan sepajang jalan gejayan. salut sama mereka yang bisa bangkit

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas, senang kok bergaul sama mereka. Kadang lebih bijak dari kita 🙂

      Suka

  6. Aduh, aku mual baca ini. Sedang relate dan sedang tidak suka lagu melo tapi malah baca lirik lagu banda neira sambil nyanyi :(((

    Disukai oleh 1 orang

  7. nice story as always 😀
    kadang kita mendapat banyak pelajaran hidup dan pengalaman dari orang yang sama sekali tidak kita duga ya, hal-hal sederhana namun membuat candu untuk melakukan perjalanan-perjalanan selanjutnya #oposih wkwk

    Disukai oleh 1 orang

    1. Terima kasih, Mas, hehe. Iya, perjalanan bisa memberikan pelajaran.

      Suka

  8. Lagi, human interest, tentang seorang Bay yang sama seperti kita semua pernah berbuat salah/dosa dengan caranya/jenisnya masing-masing. Moral of the storynya… luar biasa.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya, Kak Tuteh, semoga jadi pelajaran bersama untuk kita semua 🙂

      Suka

      1. Amin YRA … 🙂

        Disukai oleh 1 orang

  9. Sae sanget punika ceritanipun, Oom. Remen kulo 🙂

    Salam

    Disukai oleh 1 orang

  10. Banyak cerita muncul tepat di saat kita merasa sedang bersantai atau berbincang dengan orang-orang baru.
    dan pastinya lagu dari Banda Naira itu bikin gimana gitu. Pokoknya tendang lurus

    Disukai oleh 1 orang

  11. setuju dengan pendapat Bay, menurut “orang2 itu” teman2nya yang tertangkap lagi naas aja. itu artinya hampir semua yanf duduk dijabatan tsbt ada mainnya

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya, Mbak. Begitulah yang terjadi 🙂

      Suka

  12. Rif, rif, aku baru mau baca catatanmu kw merbabu, malah terhanyut di tulisan ini. Dalem banget tulisannya. Selalu keren

    Disukai oleh 1 orang

    1. Terima kasih, Merbabunya tetap dibaca ya, haha

      Suka

  13. Aku salut sama pemikiran mas Bay. Bener, kadang korupsi itu bukan kemauan pribadi, tapi tekanan dari banyak pihak. Kita nggak bisa judge mereka, karena kita nggak tahu apa yang sudah mereka hadapi.

    Semoga hidup mas Bay semakin lebih baik dan diterima sepenuhnya oleh masyarakat.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya, Mas. Semoga jadi pelajaran kita bersama 🙂

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.